Beranda Advetorial Kota Metro Sukses Raih PPD Tingkat Nasional

Kota Metro Sukses Raih PPD Tingkat Nasional

69
BERBAGI
METRO – Prestasi membanggakan kembali diraih Pemerintah Kota Metro di tingkat nasional. Di mana Pemkot Metro berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia (RI).
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kepada Walikota Metro Wahdi dalam penganugrahan PPD kepada pemerintah daerah di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Senin (6/5/2024).
Usai menerima penghargaan tersebut, Wahdi menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih tersebut. Menurutnya, prestasi tersebut dapat diraih atas kerjasama dan kolaborasi antar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Metro dan seluruh masyarakat. “Alhamdulillah. Terimakasih sebesar-besarnya kepada stakeholder yang sudah bekerja keras mencapai peringkat 3 PPD ini,” ujarnya.
Diakuinya, bahwa prestasi tersebut jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya masuk dalam sepuluh besar. “Prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya hanya 10 besar,” katanya.
Ia juga menyampaikan terimakasihnya  kepada DPRD Metro yang telah mendukung pencapaian penghargaan tersebut. “Modalitas Metro untuk berprestasi sangatlah kuat. Karena Kota Metro genetiknya sudah bagus. Sehingga upaya dalam mewujudkan JAMA-PAI  dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya.
Diketahui, penyerahan penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2024 oleh Kementerian PPN/Bappenas.
Di mana penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan evaluasi komprehensif terhadap pembangunan daerah. Dalam proses penilaian sebelumnya, dilakukan secara hibrid yaitu luring dan daring. Diantaranya terdiri dari dua tahapan. Pertama yakni Penilaian Dokumen Perencanaan dan Dokumen Inovasi Daerah.
Selanjutnya, tahap kedua dilakukan dengan wawancara dan verifikasi melalui Focus Group Discussion (FGD) serta kunjungan lapangan. Dalam proses tersebut Kota Metro telah melaksanakan FGD dan verifikasi lapangan pada Februari 2024.
Penghargaan tersebut diraih Kota Metro menjadi peringakat ketiga ari sebelumnya yang hanya mampu masuk 10 besar. Adapun peringkat pertama diraih oleh Kota Malang dan peringkat kedua diraih oleh Kota Palu.
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi  berharap, kegiatan Musrenbangnas 2024 diharapkan mampu menjadi  penyambung agenda pembangunan. “Yakni baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga agar semuanya seirama dan tepat sasaran,” pesannya.
Sementara itu, selain Presiden Jokowi, acara ini juga dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin, dan Kepala PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. Kemudian juga hadir Mendagri Tito Karnavian, dan Menko PMK Muhadjir Effendi. (ADV)
Print Friendly, PDF & Email